Mengurangi Ukuran Database Joomla versi 3.X ++


Halo🙂 lama tidak mengupdate blog saya ini, kali ini penulis membahas seputar cara mengurangi ukuran database yang digunakan oleh Joomla versi 3.4 atau yang terbaru (3.X ++), tujuannya agar secara maintenance mudah melakukan backup database juga memudahkan kita untuk melakukan proses recovery database jika sekiranya terjadi kerusakan pada database Joomla site milik kita.

Apa saja yang kita butuhkan ?

Berikut informasi detailnya :

1. Akses ke Backend Control Panel (CMS) Joomla Site kita, minimal sebagai account Administrator disarankan sebagai Super Administrator
2. Akses ke tools PHPMYADMIN via fasilitas CPANEL yang dimiliki oleh website (Joomla) kita

Oiya, sebelum melakukan langkah-langkah sesuai dengan yang penulis sarankan, ada baiknya anda membaca dahulu artikel ini sampai selesai, kemudian pastikan Joomla site anda tidak memiliki Extension (Module dan Component) yang membutuhkan fitur “Smart Search”.

Berikut langkah-langkah detail proses mengurangi ukuran database Joomla site (3.X ++) :

1. Buka halaman Backend Administrator (CMS) Joomla site anda, contohnya via link berikut :

http://www.joomlasitegue.com/administrator

2. Login sebagai Administrator / Super Administrator.

3. Setelah berhasil login, klik pilihan top menu “EXTENSIONS”, lalu pilih “MANAGE”, lalu pilih sub menu “MANAGE”, seperti gambar berikut ini.

Extensions Manage

4. Kemudian anda ketik kata “smart” (tanpa tanda petik) ke kolom Search, lalu klik tombol “Search”, sehingga hasilnya akan muncul seperti gambar berikut ini.

Extension Smart Search

5. Pada tampilan di atas itu menandai Extension (Plugin, Module dan Component) Smart Search yang digunakan pada Joomla site kita, lalu kembali aktifkan (check) opsi yang terdapat di samping “Status”, untuk memilih semua Extension Smart Search ini, lalu klik tombol “Disable”, tujuannya untuk menonaktifkan Extension Smart Search dari Joomla site kita

6. Pada posisi ini (semua fitur dan extension Smart Search telah dinonaktifkan), klik kembali opsi di samping “Status” untuk memilih semua Extension Smart Search (seperti gambar yang muncul di bawah), lalu klik tombol “Uninstall”, untuk menghapus / membuang sepenuhnya semua Extension Smart Search dari Joomla site kita.

Pilih semuanya

7. Hasilnya anda akan melihat informasi status semua Extension Smart Search telah dihapus atau uninstall dari Joomla site milik anda secara keseluruhan.

Uninstall-all-smart-extensions

8. Logout atau keluar dari Backend Administrator Joomla site anda

9. Login ke tools CPANEL dari website Joomla anda.

10.Setelah berhasil login, masuk ke fitur “PHPMYADMIN”, lalu pilih database yang digunakan Joomla site anda.

11. Tunggu beberapa saat, sampai semua table yang ada dalam database Joomla site anda muncul.

12. Pilihlah (aktifkan opsi check) yang ada di sebelah kiri dari nama table-table dalam database tersebut, pilih (aktifkan opsi check) khusus hanya untuk table yang mengandung kata “_finder_” (tanpa tanda petik), terlihat seperti gambar berikut.

Pilih semua-table-finder

13. Scroll ke bagian paling bawah dari halaman table-table yang telah anda pilih itu, sampai anda menemukan selektor pilihan yang berisi kalimat “With selected: “, ubah pilihannya menjadi “Drop”, tunggu beberapa saat sampai ada kalimat konfirmasi “Do you realy want to : “, lalu klik tombol “Yes”-nya

Nah, sekarang anda telah berhasil sepenuhnya mengurangi ukuran database Joomla site anda, anda boleh logout dari CPANEL di joomla site anda.

Secara garis besar, Extensions (Modul, Plugin dan Component) Smart Search bawaan anda itu prinsipnya akan selalu me-reindex seluruh pencarian (Search) yang dilakukan oleh pengunjung Joomla site anda dan di simpan ke dalam table “__finder_” dalam database Joomla site anda, setiap waktu ukuran tabel-table “__finder_” ini akan membengkak seiring dengan makin seringnya pengunjung melakukan proses Searching dalam Joomla site anda.

Keuntungan dari proses “reindex” search yang disimpan ke dalam database Joomla adalah jika pada pencarian selanjutnya yang dilakukan oleh pengunjung Joomla site anda yang berbeda ternyata menggunakan kata kunci pencarian yang sama, maka Joomla site akan lebih cepat memberikan hasil dari pencarian yang dilakukan.

Smart Search Extension yang dimiliki Joomla ini secara prinsip kerja mengikuti prosedur kerja mesin pencari Google.com, yang selalu meng-index apapun yang dicari oleh pengggunanya.

Kekurangan utama yang dirasakan langsung oleh Joomla site milik kita adalah ukuran database yang terus menerus bertambah secara signifikan meskipun tidak ada materi artikel baru yang kita posting ke dalam Joomla site milik kita, hal ini pada suatu waktu tertentu akan mengurangi kinerja Joomla site kita karena ukuran database yang malah jadi sangat besar melebihi batas wajar kebutuhan Joomla site kita.

Tanpa menggunakan Smart Search, sebetulnya Joomla site kita masih dapat berjalan dengan normal termasuk di modul search standard-nya.

Jadi keputusan untuk “Menonaktifkan dan Menghapus” fitur Extension Smart Search dari Joomla site kita menurut penulis pribadi adalah sebuah langkah cerdas untuk mengurangi kelebihan ukuran database Joomla site kita juga tetap menjaga performa Joomla site agar tetap stabil kecepatan loadingnya.

Semoga Bermanfaat,
Regards,

Sonny XNY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s