[Update] Mempercepat Download via Bittorent 7


thumbnail_artikelSetelah di artikel sebelumnya anda mensetting Bittorent agar lebih cepat downloadnya, kali ini ada hal spesifik yang membantu meningkatkan speed download anda.

Secara default, alokasi bandwidth Network (incoming) pada sistem operasi WINDOWS (7 / XP), hanya sebesar 80% dari total bandwidth yang tersedia, sisa 20% bandwidth itu dialokasikan untuk hal lain oleh OS Windows (7/XP).

Buat para pecinta download, tentu tidak ingin OS Windows-nya melakukan pembatasan Bandwidth ini, maunya full 100% bandwidth digunakan oleh si user untuk mendownload (via Bittorent).

 

Berikut ini cara memaksimalkan bandwidth download (Network) pada OS Windows 7 :

1. Ketik “GPEDIT.msc” pada kotak search, seperti gambar di bawah

01_Win7_GPEDIT

2. Klik kanan pada pilihan yang muncul, lalu pilih “Run As Administrator”

02_win7_run_as_administrator

3. Pada kotak dialog “Local Group Policy Editor” yang muncul, tepat di bawah “Computer Configuration”, pilih :

Administrator Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler

di navigasi sebelah kiri kotaknya.

lalu klik dua kali pilihan “Limit reservable bandwidth”

03_win7_limit_reversable_bandwidth

4. Pada kotak dialog yang muncul berikutnya, aktifkan opsi “Enabled”, lalu bagian “Bandwidth limit (%)” diisi dengan angka nol (0). lalu klik “OK”.

04_win7_setting_no_limit

5. Tutup kotak dialog “Local Group Policy Editor”.

 

Berikut ini cara memaksimalkan bandwidth download (Network) pada OS Windows XP :

1. Ketik “gpedit.msc” pada kotak isian Run, seperti gambar di bawah, lalu klik OK

01_winXP_run

2. Pada kotak dialog “Local Group Policy Editor” yang muncul, tepat di bawah “Computer Configuration”, pilih :

Administrator Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler

di navigasi sebelah kiri kotaknya.

lalu klik dua kali pilihan “Limit reservable bandwidth”

02_winxp_limit_bandwidth

4. Pada kotak dialog yang muncul berikutnya, pada tab “Settings” aktifkan opsi “Enabled”, lalu bagian “Bandwidth limit (%)” diisi dengan angka nol (0).
lalu klik “OK”.

03_winxp_set_nolimit

5. Tutup kotak dialog “Local Group Policy Editor”.

 

Sekarang anda mendapatkan 100% bandwidth Network OS Windows anda🙂

Jika cara di atas tidak bisa dilakukan (anda dibatasi oleh Sistem akses dari User Group Policy yang dibuat oleh Administrator PC anda, bisa diakali dengan cara “core reset” langsung via Registry Editor Windows. Caranya sebagai berikut :

1. Jalankan Regedit.exe dengan cara ketik di kotak pencarian nama file “regedit.exe”, lalu klik kanan mouse pada nama file yang muncul, dan pilih “Run As Administrator”, seperti gambar di bawah.

open_registry

2. Ubah nilai key “NonBestEffortLimit” yang terletak di tree key “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Psched” (sebelah kiri), ubah nilainya menjadi 1 (decimal), seperti contoh gambar di bawah.

ubah_registry

3. Klik OK, lalu tutup registry editornya.

Cukup ???

Hehehehe… masih ada lagi🙂

Terkait dengan semakin banyaknya organisasi anti Peer-to-Peer (AP2P) yang mengawasi jaringan Torrent di seluruh dunia, dengan melakukan teknik monitoring khusus, yaitu membuat file (seed) torrent palsu, agar user yang berniat mendownload bisa terdata oleh mereka, juga dengan torrent palsu tersebut, user akan mengalami gejala proses download yang lebih lama dari seharusnya.

Juga dengan adanya deteksi khusus oleh ISP (Provider koneksi Internet) yang juga ikut mengawasi dan membatasi usernya yang mengakses jaringan torrent.

Begitu si user terdeteksi akses jaringan torrent, biasanya ISP akan memblokir akses terhadap file torrentnya, minimal bandwidth si user dibatasi (diturunkan).

 

Berikut langkah antisipasi kedua hal / kendala di atas :

1. Gunakan software / aplikasi PeerBlock, yang otomatis mendeteksi akses ke peer / torrent palsu yang disediakan oleh organisasi AP2P, dan langsung memblock akses ke peer / torrent palsu tersebut. bisa di download di : http://www.peerblock.com/releases

Hebatnya developer PeerBlock ini selalu mengupdate secara berkala daftar IP Address yang selalu menyediakan peer / torrent palsu ke dalam listnya.

Releases – Peerblock Site 2015-01-29 15-35-33

Berikut ini contoh Bitorrent yang penulis gunakan untuk mendownload film “Furry (2014)”, dikombinasikan dengan PeerBlock, maka kecepatan downloadnya meningkat drastis sampai sekitar 40% dari biasanya sebelum pakai PeerBlock.

peerblock_bantu_bittorrent

 

2. Khusus untuk ISP yang selalu memblokir akses ke torrent file dan menurunkan bandwidth usernya, dari dalam Bittorrent kita bisa mengatasi hal ini.

Dalam Bittorent di bagian “Preferences”, di sub “Connection” kita setting seperti gambar berikut :

setting_port_bittorent

Khusus untuk PORT, port ideal itu antara port 50000 – 60000, klik tombol Randomize untuk mendapatkan nilai port di antara 50000 – 60000.

Masih di bagian “Preferences”, di sub “BitTorrent”, bagian Protocol Encryption, pastikan setting “Outgoing” menjadi “Forced”, dan matikan opsi “Allow incoming legacy connections”, sisanya seperti gambar di bawah ini.

setting_encrypt_bittorrent

Restart ulang Bittorent anda, jalankan PeerBlock (yang sudah diinstal), silahkan anda rasakan sendiri perubahan kecepatan download via Bittorrent anda🙂

Semoga Bermanfaat,
XNY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s