Atur Kembali Channel WiFi Spot Modem BOLT! Anda


thumbnail_channelBoltJika di artikel sebelumnya anda telah bisa membatasi jarak jangkauan signal wifi spot modem BOLT! anda, di artikel kali ini anda bisa lebih spesifik lagi mengatur channel Wifi Spot BOLT! anda, agar mengurangi interferensi (gangguan signal) dari Wifi Spot lain.

Mungkin anda maupun kebanyakan orang yang sering menggunakan Wifi spot tidak terlalu peduli dengan banyaknya wifi spot yang aktif (online / broadcast) di sekitar anda, tapi tahukah anda ??

Dengan banyaknya wifi spot yang aktif, kita sebagai pemilik wifi modem BOLT! perlu mengatur frekuensi channel yang digunakan oleh wifi modem BOLT! kita.

Yup, betul sekali, sebagai ilustrasi pada Frekuensi 2.4 Gigaherzt seperti yang digunakan oleh wifi spot seperti BOLT!, gadget android anda, router maupun wifi spot populer lainnya, terdapat pembagian channel di dalam frekuensi tersebut.

Berikut ilustrasi pembagian channelnya.

Channel overlap di 2 koma 4 GHZ

Pada ilustrasi di atas, frekuensi 2.4 GHz di pecah menjadi 14 channel, dengan lebar frekuensi masing2x channel sebesar 22 MHz. Berdasarkan posisi dan lebar frekuensinya, di ilustrasi di atas, kita bisa melihat Channel yang tidak saling tumpang tindih (interferensi / overlaping) itu terdiri dari :

1. Channel 1, 6 dan 11
2. Channel 2, 7 dan 12
3. Channel 3, 8 dan 13
4. Channel 4, 9 dan 14
5. Channel 5 dan 10

Gambaran tumpang tindih (interferensi / overlapping) antar channel bisa juga dilihat pada ilustrasi berikut ini.

figure_1_w640

Sebagai informasi buat anda, kebanyakan wifi spot itu menggunakan 3 buah channel default :
1. Channel 1
2. Channel 6 (biasanya digunakan kebanyakan gadget android)
3. Channel 11 (biasanya digunakan kebanyakan router).

Yang perlu anda ketahui, wifi modem BOLT! milik anda maupun milik penulis itu, channel aktifnya (Auto / Random / Acak) terdiri dari :

Channel 5 sampai Channel 11.

Secara default pada saat pertama kali di aktifasi, maka pilihan channel aktif dari wifi modem BOLT! itu “Auto” artinya si modemnya sendiri yang memutuskan untuk aktif menggunakan channel berapa.

Berdasarkan dua gambar ilustrasi sebelumnya, anda bisa bayangkan jika banyak wifi spot termasuk wifi BOLT! milik anda aktif pada channel yang sama, maka gadget anda (PC / Notebook / android) yang terhubung ke wifi BOLT! anda kemungkinan akan sering mengalami “disconnect” atau koneksi terputus atau signal hilang. Mengapa hal ini bisa terjadi ? ini disebabkan oleh tingginya signal interferensi / overlaping antara wifi spot di channel yang sama atau channel yang berdekatan (lihat ilustrasi channel di atas).

Buat anda yang suka mendownload materi berukuran file ratusan Megabytes sampai Gigabytes, gejala “disconnect” akibat interferensi / overlaping signal wifi spot akan sering anda rasakan, dan tentunya sangat mengganggu kegiatan download anda, apalagi tipe downloadnya yang tidak bisa di resume (lanjutkan / teruskan), dan harus mulai dari awal lagi.

Berikut contoh hasil pengamatan / survey yang penulis lakukan terhadap signal WiFi di tempat kerja penulis, sebelum wifi modem BOLT! milik penulis di aktifkan. Penulis menggunakan tools “WifiInfoView” (baca artikel sebelumnya), untuk melihat informasi wifi spot yang aktif.

WiFi-Channel-Informasi

Di gambar di atas, anda bisa melihat terdapat 3 buah wifi spot yang online / broadcast di channel yang sama, yaitu di Channel 6, dan terdapat 2 buah wifi spot yang online / broadcast di channel 11.

Kita juga bisa memantau wifi spot dengan bantuan app “Wifi Analizer” dari gadget Android kita, bisa di download dari Google Play Store

Wifi Analyzer - Android Apps on Google Play

Berikut contoh hasil capture app Wifi Analyzer di HP Android milik penulis, sewaktu penulis berada di tempat tinggal milik penulis.

Screenshot_Wifi_Analyzer

Anda bisa melihat terdapat 2 wifi spot yang aktif di channel 6, dan dua wifi spot yang aktif di channel 11.

Berikut anda bisa melihat contoh hasil capture app Wifi Analyzer di HP Android milik penulis, sewaktu penulis berada di mal BOTANI SQUARE, Jl. Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Ramai sekali WIFI Spot-nya🙂

Botani Square HOT SPOT WiFi Analizer

Dengan bantuan tools seperti “WifiInfoView” dan app “Wifi Analyzer” kita bisa mensetting ulang channel wifi modem BOLT! milik kita, agar tidak overlaping / interferensi dengan wifi spot yang lain.

 

Tip memilih channel untuk wifi modem BOLT! kita :

1. Jika dilokasi tempat anda akan mengaktifkan wifi modem BOLT! anda, banyak wifi spot lain di channel 5, 6 dan 11, anda bisa menggunakan channel 8 atau 9 untuk wifi modem BOLT! anda.

2. Jika banyak wifi spot lain di channel 5, 6 dan hanya terdapat 1 wifi spot di channel 11, pastikan terlebih dahulu wifi spot di channel 11 kualitas signalnya kurang dari 50% (signal quality < 50 di tools "WifiInfoView"), Atau di app "Wifi Analyzer", kurvanya berada di bawah garis -90 (kualitas signal kurang dari 50%). maka anda bisa menggunakan channel 11 untuk wifi modem BOLT! anda.

3. Jika anda tetap ingin menggunakan channel 6 atau 11 sebagai channel default wifi modem BOLT! anda, pastikan sekali lagi di channel tersebut wifi spot yang lain kualitas signalnya kurang dari 50% (signal quality < 50 di tools "WifiInfoView") Atau di app "Wifi Analyzer", kurvanya berada di bawah garis -90 (kualitas signal kurang dari 50%).

 

Setelah anda menetapkan angka channel berapa yang ingin anda setting (default) di wifi modem BOLT! anda, berikut ini langkah-langkah untuk men-setting channel wifi modem BOLT! anda.

1. Nyalakan modem BOLT! anda, tunggu sampai signal wifi-nya aktif
2. Aktifkan wifi koneksi PC / Notebook anda, dan konek ke Wifi Modem BOLT! anda.
3. Gunakan browser Mozilla Firefox, lalu masuk ke alamat Control Panel modem BOLT! anda.

http://192.168.1.1/index.html

4. Login dengan password yang telah anda ketahui

01-login-CP-Bolt

5. Pilih menu "Wifi Settings", lalu pilih "Advanced Settings", seperti gambar berikut

02_pilih_Advanced

6. Di halaman berikut yang muncul, anda pilih "Frequency (Channel)", sesuai dengan angka yang telah anda tetapkan sebelumnya (misalnya Channel 9).

03_pilih_Channel

7. Klik tombol "Apply" untuk menyimpan perubahan channel default modem BOLT! anda.

btn_apply

Sekarang wifi modem BOLT! anda telah aktif di channel yang baru.

Anda bisa menceknya via app Wifi Analyzer di gadget Android anda, atau via tools WifiViewInfo di notebook anda.

Dengan demikian gejala disconnect yang sering anda alami terhadap wifi modem BOLT! anda, akan bisa dieliminasi, kecuali wifi modem BOLT! anda baterainya habis🙂

Buat anda yang suka download file berukuran sampai Gigabytes, dengan setting channel baru ini, gejala gagal download akibat putus koneksi ke wifi modem BOLT! akan hilang dan semakin membantu anda dalam proses download.

Semoga bermanfaat,
XNY

4 pemikiran pada “Atur Kembali Channel WiFi Spot Modem BOLT! Anda

  1. om mau tanya donk,itu kan masing” channel frekuensinya beda-beda, kalo semakin gede frekuensinya sinyal yg diterima bagus apa jelek om ? misalnya channel 1 dengan channel 2 perbandingan frekuensinya 2412:2417 itu sinyal yg diterima bagus channel 1 apa channel 2 om ?

    • Sinyal akan semakin bagus diterima, jika pada satu channel hanya sedikit pemancar WiFi yang mengirim sinyal, idealnya di satu channel hanya ada satu pemancar WiFi, lebih dari satu mengakibatkan terjadinya gejala “interference” antar satu pemancar WiFi dengan pemancar WiFi yang lain, akibatnya si penerima sinyal akan sering mengalami gangguan “disconnect” atau tiba-tiba koneksi terputus, bahkan bisa jadi koneksi jadi lebih lambat dan tidak stabil.

      • makasih om jwabannya membantu
        ane ada kendala lagi ni om,ane pake wifi bolt ,channel udah diganti ke channel 5 brati interferensi’a kn channel 10,tapi kenapa ya om begitu sinyal lain muncul di channel 1,3,6 ko wifi bolt masih bisa k disconnect, minta saran n tipsnya donk om
        makasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s