Segera Amankan akses Modem WiFi BOLT! milik anda.


thumbnail_boltBuat yang baru membeli atau baru saja mengaktifkan dan langsung menggunakan wifi modem BOLT! milik anda, hati-hati terhadap mudahnya orang lain ikut menggunakan koneksi wifi modem BOLT! anda, berikut ini penulis tunjukan sisi kelemahan setting default modem BOLT! anda, serta cara atasi kelemahan tersebut.

Modem BOLT! yang diluncurkan oleh group FIRSTMEDIA memang cukup menggembirakan khususnya pendamba akses internet kecepatan tinggi yang ditawarkan lewat koneksi LTE/4G yang tentunya lebih cepat
dari koneksi 3G / HSDPA yang udah populer terlebih dahulu.

Penulis sebagai salah satu pengguna wifi modem BOLT! khususnya seri MF90 yang banyak ditawarkan di pasaran, cukup prihatin dengan kekurang hati-hatian para pengguna wifi modem BOLT! terutama orang yang masih awam dengan security / keamanan jaringan wifi modem BOLT! milik mereka.

Di tempat kerja penulis ternyata cukup banyak rekan yang membeli wifi modem BOLT! (seri MF90) ini, kadang dari Wireless Network Connection terdeteksi satu sampai tiga wifi modem BOLT! yang sedang “online” atau “broadcast” signal wifi-nya.

Berikut contoh hasil screen capture Wireless Network Connection dari komputer milik penulis :

01

Dari hasil deteksi itu, kita dengan mudahnya mengetahui ada wifi modem BOLT! yang aktif di sekitar kita, ini karena nama /id wifi-nya (SSID) masih default menggunakan :

BOLT!SUPER 4G-XXXX

ini kesalahan pertama dari pemilik wifi modem BOLT! yang tergolong masih awam. Kita langsung bisa tahu ini pasti wifi spot BOLT yang bisa kita “nebeng” atau ikutan untuk dinikmati koneksi
internetnya.

Secara default saat kita melakukan proses koneksi ke wifi spot manapun terutama yang diamankan dengan key / password khusus, pastinya akan selalu diminta menginput key / password koneksinya, seperti contoh berikut ini, saat penulis mencoba konek ke wifi spot BOLT yang ingin penulis “nebeng” pakai koneksi internetnya.

02

Nah, di kondisi saat ini biasanya kita tidak tahu apa key / password-nya. Tapi, dengan trik sederhana, kita hanya perlu menggunakan satu software gratis (freeware) yang bernama :

Wireless NetView

yang berjalan dibawah sistem OS Windows XP (SP2++),

bisa di download di :

http://www.nirsoft.net/utils/wifi_information_view.html

Penulis bisa dengan mudah menemukan “key / password” default dari wifi modem BOLT! yang penulis ingin terkoneksi.

Dengan menjalankan software Wireless NetView, maka penulis akan mendapatkan info lengkap wifi modem BOLT! tersebut, seperti gambar berikut :

03

KEY ACCESS = 8 KARAKTER TERAKHIR MAC ADDRESS

Dari yang penulis sempat pelajari saat pertama kali membeli wifi modem BOLT! (seri MF90), key / password defaultnya tercantum pada label di balik tutup tempat baterai modem BOLT!. key / password default terdiri dari 8 karakter alfabet dan numerik.

Inilah kesalahan kedua, di mana key / password default di label tersebut, ternyata merupakan bagian dari kode MAC Address
modem BOLT!-nya.

Hahh !!! masak sih ??

berikut penulis buktikan, penulis cukup membaca info MAC Address yang dimunculkan oleh aplikasi WirelessNetView.

04

kode MAC Address-nya 78-E8-B6-D6-5B-8A

penulis cukup menulis 8 karakter terakhir kode MAC Address-nya, dengan menghilangkan tanda / karakter minus (-), sehingga diperoleh kode-nya menjadi :

B6D65B8A

nah, dengan menggunakan kode ini penulis mencoba terkoneksi ke wifi modem BOLT! yang penulis inginkan. Berikut hasil capture saat penulis memasukan kode / key (8 karakter) tersebut :

05

Hasilnya… tadaaaaa !!! sukses terkoneksi !!

06

selanjutnya penulis dengan mudah terkoneksi ke internet, atau istilahnya “nebeng / numpang” pakai koneksi internet super cepatnya.

Pada kondisi seperti ini, penulis bisa saja “iseng” mengubah setting wifi modem BOLT! dengan mengakses setting modem via browser internet, lewat URL default modem BOLT!-nya :

http://192.168.1.1/index.html

Jika password login-nya masih “default”, belum diubah oleh pemilik wifi modem BOLT!, yaitu : admin
alangkah mudahnya buat penulis untuk mengubah / utak-atik setting modem BOLT!-nya.

Tapi penulis memilih tidak melakukan hal ini, karena ini sama saja menyusahkan si pemilik modem BOLT!, apalagi kalo’ kita ganti password atau setting khusus modem BOLT!-nya tanpa sepengetahuan si pemilik, ini namanya udah “numpang / nebeng” malah jadi penjahat beneran😦

Biasanya penulis hanya “numpang / nebeng” sebentar sekitar 5 menitan untuk pakai koneksi internet-nya, guna melakukan kegiatan seperti cek email, baca berita di detik.com atau cek facebook.com sebentar.

Setelah itu penulis langsung “memutus / diskonek” dari spot wifi modem BOLT! tersebut, lalu biasanya penulis akan langsung mencari tahu siapa pemilik wifi modem BOLT!-nya, dan akan penulis beritahu “kelemahan” setting default wifi modem BOLT!-nya, sekaligus beritahu cara menutup kelemahan tersebut.

Sangat disarankan, buat pemilik wifi modem BOLT! untuk menutup 2 kelemahan utama wifi modem BOLT! anda, berikut ini caranya, anda bisa lakukan sendiri :

1. Aktifkan / nyalakan modem BOLT! anda, tunggu beberapa saat sampai indikator signal wifi di bodi modem-nya menyala kebiruan.
2. Dari PC / Notbook milik anda, koneksi ke wifi modem BOLT! anda.
3. Buka browser internet (Mozilla Firefox), lalu masukkan alamat / URL ini :

http://192.168.1.1/index.html

4. Login ke dalamnya (gunakan password default : admin)

07

5. Jika kita telah berhasil login, klik “Settings”

08

6. Ubah nama SSID modem BOLT! anda, gunakan istilah / nama yang kiranya orang disekitar anda paling tidak suka / benci. misalnya :

m4L3s_m4nd1

Catatan : anda tidak harus mengikuti penamaan ini, terserah anda🙂

Ubah security mode menjadi : WPA2(AES)-PSK

Ubah password default (key 8 karakter, ada di belakang tempat baterai BOLT anda), ubah menjadi lebih panjang,
tidak mudah ditebak orang, akan tetapi mudah diingat anda, contoh :

m0d3mkum4nt4p

(asal kata “modemku mantap”)

catatan : anda tidak harus mengikuti password ini, terserah anda🙂

09

7. Klik tombol Apply, sekarang semua setting default (nama SSID dan key / password akses) akan berubah sesuai dengan yang anda input.

10

8. Rekoneksi ulang wifi modem BOLT! anda, karena pastinya saat ini koneksinya terputus, akibat perubahan setting.

9. Masukkan key / password sesuai yang anda buat sebelumnya.

Nah, sekarang anda telah mengatasi 2 kelemahan utama setting default wifi modem BOLT! anda, orang lain tentu tidak akan bisa
terkoneksi ke modem BOLT! anda tanpa seijin anda lagi🙂

Kalau perlu anda bisa mengubah password default (admin) dari setting modem anda, agar anda benar2x yakin modem BOLT! anda
aman dari orang yang iseng mengubah setting modem BOLT! anda.

Semoga bermanfaat,
XNY

12 pemikiran pada “Segera Amankan akses Modem WiFi BOLT! milik anda.

  1. Ada saran/info ngga buat bolt yg passwordnya di hack, trus org itu tethering sampai quota sy dan kk sy nol.
    Sy dan kk sy udah ganti nama dan passwordnya.
    Sy pakai bolt generasi ketiga (yg tebal), kk sy pakai bolt generasi kedua.

    Bukan soal harga pulsanya, tp siapa yg suka sih dimalingin.. Hehee

    Thanks before

  2. sya pakai yang bolt max, saya liat keynya beda tuch sama mac addressnya.
    tetapi memang 4 digit akhir mac address menjadi bagian dari ssid apn

  3. Terima kasih atas postingannya, saya cari2 aplikasi untuk mengetahui siapa aja yang connect tapi gagal. Saya penasaran kenapa ada dua user yang connect ke modem bolt saya, padahal cuma hp saya aja yg pakai modem bolt. Setelah baca artikel ini, user yang connect tinggal satu (hp sy aja).
    SSID saya ganti jadi “NEBENG_AJE_LO”, biar ybs kesindir… hehe
    Trims yaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s