Bagian Ke Empat : Motret Macro Embun Sisa Hujan


thumbnail_macro_embunJakarta dan sekitarnya sedang dilanda musim hujan yang cukup bikin pusing warganya, genangan air dan banjir jadi bikin lumpuh aktifitas warganya, tapi .. ada tapinya pada saat hujan berhenti sejenak di siang hari, ternyata bawa sedikit berkah buat fotografer pecinta Macro, kita bisa motret embun sisa hujan di dedaunan tanaman sekitar rumah kita.

Setelah beberapa kali berburu foto macro embun, yang bisa penulis simpulkan adalah embun paling mudah ditemukan pada tanaman yang punya daun panjang dan runcing contohnya daun pohon bambu yang sering dijadikan pagar hidup pekarangan rumah kita.

Tipe pohon bambunya cukup spesifik, antara lain batang bambunya berdiameter kecil, seperti di gambar berikut, ini contoh pagar hidup dari bambu kecil yang dedaunannya sudah dipangkas / potong di bagian atasnya.

01_bambu_pagar

Ini contoh saat bambu kecilnya masih lebat, belum di pangkas.

02_bambu_pagar_rimbun

Untuk yang belum dipangkas, biasanya di dedaunan bagian bawah bambunya agak susah kita temukan sisa embun air hujan, seperti gambar berikut

03_daun_bambu_tanpa_embun

Tapi untuk bambu yang sudah dipangkas sebagian, embun air hujan akan dengan mudah kita temukan di ujung dedaunannya, seperti gambar berikut (penulis lingkari ujung daun bambu yang berembun)

04_embun_daun_bambu

Tidak perlu berlama-lama lagi, takut keburu hujan lebat turun lagi, segera saja kita mulai motret embun sisa hujan di ujung daun bambu🙂

05_motret_embun

Seperti biasa, teknik yang penulis gunakan adalan Teknik Lensa Dibalik dengan bantuan reverse ring adapter, pantat lensanya penulis lindungi dengan protektor buatan sendiri, bisa simak di artikel sebelumnya cara bikin protektornya.

Ubah switch focus lensa ke mode M (lihat yang penulis tandai di gambar berikut)

06_manual_focus

Setting focal length hanya bisa antara 35 – 50mm karena hanya mengandalkan handheld, tanpa tripod. Baca artikel sebelumnya tentang hal ini.

07_focal_length

 

 

Hasil foto-fotonya seperti berikut ini.

embun01

embun02

embun03

embun04

embun05

embun06

embun07

embun08

Semoga Bermanfaat,
Salam Hangat

XNY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s