Atasi Status Emergency Call Only pada Android Phone


thumbnail_signal3GBuat yang tinggal di wilayah kota besar seperti Jakarta dan menggunakan handphone yang support jaringan 3G pasti akan terasa sekali manfaatnya, terutama saat membutuhkan koneksi internet via 3G (HSDPA/3G) tidak akan ada kendala berarti, akan tetapi akhir-akhir ini koneksi 3G seperti yang penulis gunakan via provider XL, begitu berada di wilayah pinggiran Jakarta seperti di wilayah Cimanggis, Depok, Jawa Barat, signal 3G XL akan langsung off, di hp android milik penulis malah muncul status

Emergency Call Only

tidak bisa melakukan kegiatan seperti menelpon (call) maupun menerima telpon, juga tidak bisa melakukan pengiriman SMS, HP benar-benar jadi tidak memiliki fungsi komunikasi sama sekali, sangat menyebalkan tentunya, berikut ini solusi yang bisa penulis berikan, untuk mengaktifkan kembali signal komunikasi di hp android milik penulis.

Sebelumnya, dari tahun 2011 sampai bulan desember 2012 hp android milik penulis, sama sekali tidak pernah mengalami gangguan signal 3G, terutama di wilayah Cimanggis, Depok, Jawa Barat, tempat penulis tinggal.

normal_3G_connection

Herannya pas memasuki awal tahun 2013 ini, tepatnya tanggal 8 Januari 2013, saat pagi hari penulis ingin mencek email via hp Android, malah tidak bisa koneksi ke internet sama sekali, mencoba menelpon dan sms juga tidak bisa, status di hp android milik penulis muncul seperti gambar berikut.

emergency_call_screen

Awalnya, penulis menduga jaringan / BTS milik XL di wilayah Cimanggis, Depok sedang mengalami gangguan, hal ini masih penulis diamkan saja. Akan tetapi saat penulis tiba di kantor penulis di wilayah Jakarta Timur, hp android milik penulis berfungsi normal kembali, bisa konek ke internet (browsing, cek email) juga bisa melakukan fungsi telpon dan SMS seperti biasanya. Anehnya, saat penulis tiba di rumah (Cimanggis, Depok), kembali tidak bisa melakukan fungsi komunikasi via hp android milik penulis, gejalanya persis sama saat pagi hari.

Hal ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dan penulis akhirnya mengamati perubahan status koneksi 3G milik XL ini saat berpindah lokasi ke beberapa wilayah, “anomali” disconnect ini hanya terjadi saat penulis berada di wilayah Depok saja. Begitu memasuki wilayah jakarta selatan (via jl. Lenteng Agung) atau wilayah jakarta timur (via jl. Raya Bogor) koneksi 3G XL langsung normal kembali.

Penasaran juga, akhirnya penulis melakukan pengecekan sederhana, saat berada di rumah, penulis memindahkan kartu (simcard) XL ke hp nokia lama milik penulis yang sudah tidak dipakai, tapi hp nokia ini tidak support 3G (HSDPA/3G), hanya support signal GSM biasa, yang terjadi adalah … fungsi komunikasi seperti telepon dan SMS bisa penulis lakukan, koneksi internet bisa dilakukan tapi hanya via jalur GPRS (EDGE) saja. Coba penulis pindahkan kembali kartu XL-nya ke hp android, ternyata kembali tidak bisa konek ke jaringan XL (3G maupun Call/SMS biasa).

Kesal campur penasaran akhirnya penulis melakukan perubahan setting di hp android (OS-nya Gingerbread v2.3.6) milik penulis, langkah-langkahnya seperti berikut :

1. masuk menu Application, dengan mengklik tombol front_setting_button

2. klik icon / shortcut Settings seperti di gambar berikut
klik_settings

3. klik pilihan Wireless and network, seperti gambar berikut
klik_wireless_network_setti

4. Scroll ke bawah halaman yang muncul, lalu klik pilihan Mobile networks, seperti gambar berikut.
klik_mobile_networks

5. Terlihat setting default (3G / HSDPA) seperti gambar berikut.
3G_data_enabled

6. Penulis lalu mengubah settingnya, matikan fungsi (opsi) data enabled, terlebih dahulu, lalu aktifkan fungsi (opsi) Use only 2G networks
klik_use_only_2G

7. TUnggu sekitar 3 – 5 detik, signal GSM (2G) akhirnya muncul seperti gambar berikut,
2G_signal_active

8. Penasaran dengan hasil setting ini, penulis kembali ke halaman depan tampilan hp android milik penulis, hmm.. tampilannya telah normal (terkoneksi ke XL) seperti gambar ini.
2G_normal_connection

9. Coba cek koneksi internet, penulis aktifkan opsi Data enabled (langkah 6 di atas), hp android milik penulis akhirnya bisa konek ke internet lagi, tapi.. hanya via GPRS (EDGE) yang kecepatannya sangat lambat hanya untuk membuka halaman website maupun login ke YahooMail, bisa sekitar 3 menitan baru bisa terbuka halaman webnya😦

So, kesimpulan yang bisa penulis buat dari kejadian ini adalah :
1. XL di wilayah Depok, Jawa Barat, terjadi penurunan kualitas jaringannya, dari yang sebelumnya support 3G (HSDPA/3G) menjadi hanya mensupport 2G / GSM biasa (GPRS/EDGE).

2. Penulis mencoba komplain ke pihak XL Axiata via email Costumer Supportnya, malah mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan seperti di gambar ini,
jawaban_XL_Axiata
pihak CS XL malah menganjurkan penulis untuk mengganti handphone (hp) penulis, tidak ada penjelasan kenapa kualitas jaringan 3G di wilayah Depok, Jawa Barat malah menurun (dihilangkan sama sekali) menjadi 2G atau GSM biasa.

3. Jika hanya penambahan jumlah pelanggan yang dikejar oleh XL Axiata, mereka berhasil melakukannya, melalui iklan yang berjargon / slogan “Murah”, tapi .. ada tapinya, kemampuan kapasitas jaringan 3G-nya malah tidak ada peningkatan, malah terjadi penurunan kualitas koneksinya.

So, jika hal ini terus berlanjut, provider GSM seperti XL maupun provider GSM lain di Indonesia siap-siap aja mereka kehilangan lebih banyak pelanggan setianya. Terutama dari kalangan yang selalu mengandalkan koneksi 3G-nya untuk melakukan hal-hal penting.

NB : Rencana penulis beberapa hari ke depan, penulis akan melakukan test signal 3G di beberapa titik jalan seputar wilayah Depok dan seputar jalan Lenteng Agung dan Jl. Raya Bogor, untuk mendapatkan data signal yang lebih spesifik, dan mudah-mudahan bisa penulis update di tulisan berikut.

Salam Hangat,
XNY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s