Buat Sendiri Reverse Lens Protector


reverse lens protector Buat para pecinta macro fotografi, terutama yang menggunakan teknik Lensa dibalik, dengan bantuan Reverse Ring, menjadi khawatir dengan kondisi “pantat” lensa yang terbuka total, rawan kena debu / air maupun kemasukkan serangga. Kali ini penulis mencoba share cara buat sendiri proteksi pantat lensa tersebut (Reverse Lens Protector).

Jika kita sering motret macro dengan teknik lensa dibalik, seperti gambar ini, kondisi pantat lensa, pin-pin konektor di pantat lensa menjadi tidak memiliki perlindungan sama sekali.

Untuk membuat Reverse Lens Protector ini, penulis menyiapkan bahan-bahannya seperti gambar berikut.

Bahan-bahannya terdiri dari :
1. Third Party Body + Rear Cap Canon, seharga Rp 70.000,- . Jika hanya Rear Cap-nya saja, seharga Rp 40.000,-
2. Adapter Ring Step Up 49-58mm, seharga Rp 90.000,-
3. Filter UV Slim Vitacon, seharga Rp 95.000,-
4. Universal Lens Cap Canon 58mm, seharga Rp 45.000,-

 

Bagian utama dari Reverse Lens Protector yang akan kita buat itu, berasal dari tutup belakang lensa (Rear Cap) Canon, yang akan kita modifikasi.


Bagian utama lainnya, berasal dari Adapter Ring Step Up 49-58mm yang akan kita buat nancap masuk ke dalam bagian atas rear cap.


Jika dicoba pasang (belum modifikasi), Rear Cap dan Step Up Ring itu terlihat seperti ini.

 

Berikut ini langkah-langkah pembuatan Reverse Lens Protector :

1. Tandai area yang akan kita potong, kira-kira 2 milimeter dari garis melingkar di bagian dalam atas Rear Cap (lingkaran kuning di gambar)

2. Penulis lalu melubangi Rear Cap (pada bagian yang di tandai itu), dengan menggunakan mata bor kecil ukuran 2 milimeter, lubangi yang banyak, agar nanti mudah dipotong.


3. Lalu penulis menggunakan gergaji triplex khusus, untuk memotong bagian yang telah di lubang-lubangi tersebut, cara ini jauh lebih cepat, jika dibandingkan kita hanya membuat sedikit lubang.

4. Bagian tengah yang telah terpotong dengan gergaji triplex kita buang, sisanya terlihat masih berbentuk kasar dibagian bekas potongannya (lihat gambar dibawah), untuk menghaluskan bekas gergaji itu, penulis menggunakan mata bor berbentuk gerinda kecil.

5. Dengan bantuan mata bor gerinda, kita bisa menghaluskan pinggiran bekas gergaji, sambil melakukan pengukuran / pengepasan masuk Step Up Ring-nya.

6. Hasilnya lubang besar di Rear Cap menjadi mudah untuk kita masukkan Step Up Ring-nya seperti gambar berikut.

Penggunaan mata bor berbentuk Gerinda ini membuat Step Up Ring bisa presisi dan akurat masuk ke dalam Rear Cap (dimasukkan dengan cara diputar, sesuai arah ulir pada step up ring).

7. Hasilnya bisa dilihat digambar berikut.

 

Setelah membuat 2 bagian utama Reverse Lens Protector yang menyatu itu, sekarang kita telah bisa menggunakannya di pantat lensa kita.

Pasang Rear Cap + Step Up Ring yang telah menyatu itu ke pantat lensa.

Pasang filter UV (sesuai ukuran ring pada step up Ring) ukuran 58mm

Pada tahap ini kita telah memiliki Reverse Lens Protector lengkap, siap digunakan.

Jika kita sedang istirahat sejenak pada saat memotret macro, Reverse Lens Protectornya bisa kita tutup dengan tutup lensa ukuran 58mm, seperti gambar berikut.

Jika kita ingin menyimpan Reverse Lens Protector ke tas kamera kita, tinggal kita copot saja dari body lensa secara keseluruhan, seperti gambar berikut, jangan lupa pasang body cap ke bagian bawah Reverse Lens Protectornya, agar tidak kemasukkan debu🙂

Tertarik bikin sendiri ?? Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah penulis buat di artikel ini.
Sebagai tambahan informasi sesuaikan ukuran ring Step Up dengan koleksi filter UV yang telah anda miliki yang penting ukuran ring yang masuk ke dalam rear cap itu 49mm, maksimal bagian yang masuk ke dalam rear cap itu berukuran 52mm (telah penulis ukur ulang)

Jadi variasi Step Up Ring yang bisa anda beli itu (sesuai ukuran filter UV anda) :
1. 49 – 58mm
2. 52 – 58mm
3. 52 – 62mm
4. 52 – 67mm

Semoga Bermanfaat
XNY

4 pemikiran pada “Buat Sendiri Reverse Lens Protector

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s